Rabu, 06 Agustus 2014

Bab 5: Life is a Movie (Akhir)

“Gimana nih, Sur? Mega nggak ada di sini,” kata Tommy.
“I don’t know. Di luar, maybe?” sahut Surdi yang berkeringat banyak saking takutnya.
“Lo kok keringetan sih, Sur? Kalo takut, lo jaga di luar aja. Biar gue yang nyari Mega,” ujar Tommy sambil nyengir.
“I nggak takut. I cuma… capek.” Surdi beralasan sambil berakting capek. Ia lalu mengalihkan pembicaraan. “Eh Tom, maybe Mega ada di bagian belakang restaurant,”
“Mungkin juga, sih. Misi kita buat meriksa bagian depan udah selesai. Kita cuma bisa nunggu panggilan dari Tofan,” sahut Tommy.
“Yeah, boring,” gumam Surdi.
“Oh iya, Sur. Gue bawa bolanya Erwin, lho. Sebenernya mau gue kembaliin hari ini, tapi berhubung ada misi kayak gini ya ditunda dulu. Tapi, kalo begini, kita kan bisa main bola biar nggak bosen,” ujar Tommy sambil mengeluarkan bola sepak dari tasnya. Ia lalu berdiri sambil membawa bola itu. “Lo berani ngelawan gue apa nggak, Sur?” tantang Tommy.
“Surdi is always ready,” sahut Surdi sok-sokan.
Mereka berdua pun bermain bola di dalam restoran. Melihat itu, beberapa pelanggan mengeluarkan ocehannya, seperti “Ini bukan lapangan sepakbola!” atau “Hei, anak kecil! Main bolanya di luar dong!”. Namun mereka berdua tak menggubrisnya. Lama-lama para pelanggan yang kesal malah makan di luar, sedangkan Tommy dan Surdi bermain di dalam.
Saat bermain, Tommy tampak lebih unggul dari Surdi karena Surdi takut jika dihadang pelayan berkostum hantu. Banyak pelayan berlalu lalang di sana.
“Hei, Sur, gimana sih? Masa nggak bisa ngerebut bola dari gue?” ledek Tommy.
“Awas you, Tom. I will keluarin my special technique,” sahut Surdi.
Surdi makin bersemangat dan akhirnya dapat merebut bola Tommy dengan jurus Sledding Tackle mirip di film kartun Tsubasa. “Amazing Sledding Tackle!” seru Surdi sambil melancarkan jurusnya.
Bola itu pun lepas dari kendali Tommy. Sementara Surdi tersenyum gembira, bola itu terlempar mengenai kepala seorang pelayan berkostum perawat yang sedang ngesot.
Senyum Surdi kontan luntur.
“Abis lo, Sur! Lo bakal dihantui suster ngesot tiap malem,” goda Tommy.
“Aduuh, siapa sih yang main bola di dalam ruangan? Harus dikenai denda!” kata suster ngesot itu sambil mengelus kepalanya.
Mendengar kata-kata si suster ngesot, Surdi dan Tommy justru jadi gembira. “Mega!” seru mereka kompak.
“Eh, kalian!” Mega ikut terkejut. Ia lalu tambah terkejut melihat dirinya sendiri sedang ngesot dengan kostum perawat. “Hei, kenapa gua jadi kayak gini?”
“You habis diculik, Meg. We nemuin petunjuk yang you tulis on the clock,” sahut Surdi.
“Diculik? Oh, iya, pemilik restoran sinting ini, ya? Ugh, gua kesel banget sama dia. Dia harus diberi pelajaran,” tutur Mega. “Tapi kalian hebat bisa nemuin gua. Kalian sama Erwin juga?”
“Iya, Meg, sama Tofan juga. Kita berempat kini adalah The Rangers,” kata Tommy.
Ponsel Surdi tiba-tiba bergetar. Surdi pun memeriksanya.
“Hei, Tom. Ada message from Tofan,” ujarnya. “Katanya, we harus nepuk pundak para pelayan, so, they bebas from pengaruh hipnotis. After that, we kumpul in parking area.”
“Oke. Ayo kita lakuin!” ajak Tommy bersemangat.
Tapi Surdi yang takut dekat-dekat dengan para pelayan itu justru mendekati bola sepak tadi. “Itu cara biasa. An athlete akan lakuin dengan cara athlete,” katanya sambil menggiring bola di kakinya.
“Fireball Kick!” seru Surdi sambil menendang bola.
***
Sementara itu, Tofan, Erwin, dan pelayan berkostum mumi sudah menjelajahi hampir semua ruangan dan membebaskan pelayan-pelayannya. Hanya kurang dua ruangan.
“Jangan buka pintu sebelah kiri. Di dalamnya adalah ruangan pemilik restoran ini,” kata si mumi.
“Kalau begitu di sebelah kanan?” Tofan membuka pintu di kanan. Mereka tidak membaca tulisan di atas pintu yang berbunyi “Ruang Pengawasan CCTV”.
Di dalam ruangan itu, ada dua orang sedang tidur di bangkunya. Yang satu bertubuh tinggi kurus dan yang lain bertubuh gemuk. Di hadapan mereka ada monitor yang menunjukkan keadaan seluruh restoran lewat CCTV.
“Ayo kita bangunkan mereka berdua,” ajak Tofan.
“Eh, tunggu!” halang si mumi. Namun, Tofan dan Erwin sudah terlanjur menepuk pundak dua orang itu. Dua orang itu pun terbangun sambil mengumpat-umpat.
“Ngapain kalian di sini?!” tanya mereka dengan marah.
“Lho, bukan hantu, ya? Maaf, kami kira hantu,” kata Erwin seraya kabur dengan Tofan dan si mumi.
Dua orang yang tak lain adalah para penculik itu langsung menggedor pintu ruangan bos mereka.
“Bos, ada penyusup! Mereka membawa kabur para pelayan!” seru para penculik.
“Apa?!” Terdengar suara amarah dari balik pintu. “Kejar! Culik mereka!” perintah bos itu.
Erwin, Tofan, dan si mumi berlari menuju tempat parkir. Sesampainya di sana, mereka bertemu Mega, Surdi, dan Tommy.
“Kalian pulang saja, biar aku yang menghubungi polisi,” ujar si mumi. “Sampai nanti!” Si mumi itu kemudian pergi dengan misterius.
Setelah itu, mereka berlima pun segera bersepeda pulang, sementara para penculik dan bosnya kebingungan mencari kunci mobil yang hilang dibawa Tofan.
***
Keesokan paginya, seisi kelas 7H berkerumun menonton sesuatu di laptop Tofan. Di sana juga ada Mega, Erwin, dan Tommy. Rupanya mereka melihat siaran berita kemarin yang direkam Tofan.
Di monitor laptop, terlihat seorang pembawa berita melaporkan beritanya.
“Siang ini, pihak berwajib telah menutup sebuah restoran bernama ‘Sambal Setan’ yang diketahui dimiliki oleh seorang buronan yang kabur dari penjara. Berdasarkan laporan dari seorang saksi, restoran tersebut menggunakan sumberdaya manusia secara paksa melalui penculikan dan tindak hipnotis.”
Setelah itu, terlihat video penangkapan buronan tersebut oleh para polisi. Mata kiri bos itu tampak kosong. Para penculik dan bos itu kemudian dibawa ke dalam mobil polisi, sementara restoran ditutup dan dibatasi oleh garis polisi.
Tommy pun mengacungkan jempolnya pada Tofan, Erwin, dan Mega. Mereka senang, terutama Mega karena Mega kini mendapat teman-teman baru. Tiap minggu, mereka bisa bersepeda dan menghabiskan waktu bersama. Namun, Mega tetap sama seperti dulu, tidak berubah.
Sepertinya masih kurang satu personil lagi, ya? Benar. Mana Surdi? Berkejaran dengan waktu, Surdi masuk kelas dengan terburu-buru. Namun, bel telah berbunyi lebih dulu. Surdi terlambat, meski beberapa detik saja.
Melihat teman-temannya berkerumun menonton laptop Tofan, Surdi ikut menghampiri. “Apa I ketinggalan sesuatu?”
Mega pun dengan cekatan mengambil buku dan pulpen. “Sur, lu telat. Lu kena denda!” kata Mega.
“What?” Surdi terperangah.
Berlanjut ke Epilog...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar